PR Contest adalah ajang kompetisi mahasiswa di
bidang Public Relations yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa
Komunikasi (HIMAKOM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS)
Surakarta. PR Contest merupakan bagian dari rangkaian
acara Creation Festival 2013 yang terdiri dari: PR Contest, Seminar Kreatif, dan
Solo City Tour.
Tema
: “Creative Communication Strategy in Information Era”
Air adalah sumber kehidupan. Sumber-sumber air
yang terjaga adalah kunci kehidupan kita. Meskipun jumlah limpahan air di
Indonesia sangat besar, tetapi belum dapat menjamin jumlah ketersedian air
bersih masyarakat. Perkembangan industri yang semakin pesat tak urung mengancam
sumber daya air dan kehidupan yang terkait di sekitarnya.
Limbah industri dengan kimia berbahaya telah
jauh dari kendali keamananan. Industri sering membuang bahan kimia berbahaya
dari sisa proses produksi. Salah satu sumber utama
pencemaran adalah industri busana – dimana misalnya 68% dari pabrik yang berada di sepanjang
kawasan Citarum bagian atas adalah produsen tekstil. Penelitian Greenpeace
membuktikan proses pencetakan dan pewarnaan tekstil yang menggunakan bahan
kimia secara intensif, telah ikut menyumbang pada reputasi Sungai Citarum
sebagai salah satu sungai terkotor di dunia.
Greenpeace sebagai salah satu organisasi kampanye global
yang bergerak di bidang lingkungan berkampanye untuk menyadarkan masyarakat
akan pentingnya menjaga sumber air bagi kehidupan. Saat ini, Greenpeace sedang
gencar mengkampanyekan Detox Fashion Manifesto. Detox Fashion Manifesto adalah gerakan global yang terdiri dari para fashionista, aktivis, designer
dan blogger yang disatukan oleh keyakinan bahwa fashion yang indah tidak harus menyebabkan pencemaran limbah
beracun. Mereka ingin busana yang dikenakan tidak hanya indah tetapi juga ramah
lingkungan.
Sebagai
organisasi yang bertujuan mengubah perilaku khalayak, khususnya industri
tekstil, peran Public Relations Officer
(PRO) menjadi sangat penting. Dalam hal ini seorang PRO tidak hanya dituntut
untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga sumber air (tahap
kognitif), melainkan juga mampu mempersuasi khalayak untuk berpartisipasi
secara konkret dalam kampanye Detox Fashion Manifesto (tahap behavior). Karena,
kesuksesan sebuah kampanye adalah ketika khalayak mau berperan aktif dan beraksi
nyata mendukung upaya tersebut. Oleh sebab itu, perlu diadakan kampanye kreatif
tentang Detox Fashion Manifesto.
Jika Anda sebagai PRO Greenpeace Indonesia, strategi kampanye apakah
yang dapat Anda rancang untuk menarik partisipasi langsung khalayak dalam
rangka menyukseskan kampanye Detox Fashion Manifesto?
CP :
Sinta (085743058882)
0 komentar:
Posting Komentar