Creative Communication Festival atau yang
disingkat Creation Festival merupakan serangkaian acara yang berurutan dan
berkesinambungan yang meliputi kompetisi dan seminar dalam ranah ilmu komunikasi.
Acara ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM)
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS)
Surakarta.
Tahun lalu, HIMAKOM FISIP UNS sukses
menyelenggarakan Creation Festival 2012, yang bertajuk ‘Dare to be Creative’. Kegiatan ini terdiri dari serangkaian acara yang
meliputi National PR Contest, Adversus, Seminar Kreatif, dan Awarding.
National PR Contest merupakan ajang kompetisi pengetahuan dan keterampilan dalam
bidang Public Relation dengan tema ‘How to Make Effective Environmental Campaign’. Dalam kompetisi ini, peserta
diminta untuk membuat makalah CSR yang mengangkat tema bagaimana merancang
strategi komunikasi kreatif dalam kampanye lingkungan yang efektif dan berkelanjutan
di kalangan masyarakat. Kompetisi ini diikuti oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi
se-Indonesia, seperti Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Universitas
Muhammadiyah Surakarta (UMS), Universitas Indonesia (UI), Universitas
Padjadjaran (UNPAD), Universitas DIponegoro (UNDIP), Universitas Gadjah Mada
(UGM), dan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).
Sedangkan Adversus merupakan ajang kompetisi kreatif yang
menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang Advertising di kalangan mahasiswa Ilmu Komunikasi se-Indonesia
dengan tema ‘Creative Advertising for
Environmental Campaign’. Dalam kompetisi ini peserta diminta untuk membuat
karya Print Ad yang mengangkat tema bagaimana membuat iklan kampanye lingkungan
yang kreatif, menarik, efektif serta berkelanjutan di kalangan masyarakat.
Rangkaian
acara ini ditutup dengan Seminar Kreatif dan Awarding. Seminar Kreatif
merupakan seminar nasional Public
Relations dan Advertising dengan
tema ‘Build Up Your Brand with Public
Relations and Advertising Strategies’. Dalam seminar ini membahas mengenai komunikasi
kreatif yang efektif dalam Public
Relations dan Advertising. Seminar
ini menghadirkan beberapa pembicara antara lain Handoko Hendroyono (Penulis
Buku Brand Gardener, Storyteller One Comm), Marlene Danusutedja (Ketua Bidang
Humas Perhumas Indonesia), Widodo Muktiyo (Dewan Pakar Perhumas Indonesia), dan
Agus Mashud (Brand Management Manager PT. Pertamina). Pada akhir acara seminar,
diumumkan beberapa pemenang dari masing-masing kompetisi.
0 komentar:
Posting Komentar