Jumat, 11 Oktober 2013

Review Creation Festival 2012

Creative Communication Festival atau yang disingkat Creation Festival merupakan serangkaian acara yang berurutan dan berkesinambungan yang meliputi kompetisi dan seminar dalam ranah ilmu komunikasi. Acara ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Tahun lalu, HIMAKOM FISIP UNS sukses menyelenggarakan Creation Festival 2012, yang bertajuk ‘Dare to be Creative’. Kegiatan ini terdiri dari serangkaian acara yang meliputi National PR Contest, Adversus, Seminar Kreatif, dan Awarding.


National PR Contest merupakan ajang kompetisi pengetahuan dan keterampilan dalam bidang Public Relation dengan tema ‘How to Make Effective Environmental Campaign’. Dalam kompetisi ini, peserta diminta untuk membuat makalah CSR yang mengangkat tema bagaimana merancang strategi komunikasi kreatif dalam kampanye lingkungan yang efektif dan berkelanjutan di kalangan masyarakat. Kompetisi ini diikuti oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi se-Indonesia, seperti Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Universitas Indonesia (UI), Universitas Padjadjaran (UNPAD), Universitas DIponegoro (UNDIP), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Sedangkan Adversus merupakan ajang kompetisi kreatif yang menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang Advertising di kalangan mahasiswa Ilmu Komunikasi se-Indonesia dengan tema ‘Creative Advertising for Environmental Campaign’. Dalam kompetisi ini peserta diminta untuk membuat karya Print Ad yang mengangkat tema bagaimana membuat iklan kampanye lingkungan yang kreatif, menarik, efektif serta berkelanjutan di kalangan masyarakat.

Rangkaian acara ini ditutup dengan Seminar Kreatif dan Awarding. Seminar Kreatif merupakan seminar nasional Public Relations dan Advertising dengan tema ‘Build Up Your Brand with Public Relations and Advertising Strategies’. Dalam seminar ini membahas mengenai komunikasi kreatif yang efektif dalam Public Relations dan Advertising. Seminar ini menghadirkan beberapa pembicara antara lain Handoko Hendroyono (Penulis Buku Brand Gardener, Storyteller One Comm), Marlene Danusutedja (Ketua Bidang Humas Perhumas Indonesia), Widodo Muktiyo (Dewan Pakar Perhumas Indonesia), dan Agus Mashud (Brand Management Manager PT. Pertamina). Pada akhir acara seminar, diumumkan beberapa pemenang dari masing-masing kompetisi.

0 komentar:

Posting Komentar