Sabtu, 12 Oktober 2013

PR Contest

PR Contest adalah ajang kompetisi mahasiswa di bidang Public Relations  yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Komunikasi (HIMAKOM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. PR Contest merupakan bagian dari rangkaian acara Creation Festival 2013 yang terdiri dari: PR Contest, Seminar Kreatif, dan Solo City Tour.

Tema : “Creative Communication Strategy in Information Era”

Air adalah sumber kehidupan. Sumber-sumber air yang terjaga adalah kunci kehidupan kita. Meskipun jumlah limpahan air di Indonesia sangat besar, tetapi belum dapat menjamin jumlah ketersedian air bersih masyarakat. Perkembangan industri yang semakin pesat tak urung mengancam sumber daya air dan kehidupan yang terkait di sekitarnya.

Limbah industri dengan kimia berbahaya telah jauh dari kendali keamananan. Industri sering membuang bahan kimia berbahaya dari sisa proses produksi. Salah satu sumber utama pencemaran adalah industri busana – dimana  misalnya 68% dari pabrik yang berada di sepanjang kawasan Citarum bagian atas adalah produsen tekstil. Penelitian Greenpeace membuktikan proses pencetakan dan pewarnaan tekstil yang menggunakan bahan kimia secara intensif, telah ikut menyumbang pada reputasi Sungai Citarum sebagai salah satu sungai terkotor di dunia.

Greenpeace sebagai salah satu organisasi kampanye global yang bergerak di bidang lingkungan berkampanye untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga sumber air bagi kehidupan. Saat ini, Greenpeace sedang gencar mengkampanyekan Detox Fashion Manifesto. Detox Fashion Manifesto adalah gerakan global yang terdiri dari para fashionista, aktivis, designer dan blogger yang disatukan oleh keyakinan bahwa fashion yang indah tidak harus menyebabkan pencemaran limbah beracun. Mereka ingin busana yang dikenakan tidak hanya indah tetapi juga ramah lingkungan.

Sebagai organisasi yang bertujuan mengubah perilaku khalayak, khususnya industri tekstil, peran Public Relations Officer (PRO) menjadi sangat penting. Dalam hal ini seorang PRO tidak hanya dituntut untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga sumber air (tahap kognitif), melainkan juga mampu mempersuasi khalayak untuk berpartisipasi secara konkret dalam kampanye Detox Fashion Manifesto (tahap behavior). Karena, kesuksesan sebuah kampanye adalah ketika khalayak mau berperan aktif dan beraksi nyata mendukung upaya tersebut. Oleh sebab itu, perlu diadakan kampanye kreatif tentang Detox Fashion Manifesto.

Jika Anda sebagai PRO Greenpeace Indonesia, strategi kampanye apakah yang dapat Anda rancang untuk menarik partisipasi langsung khalayak dalam rangka menyukseskan kampanye Detox Fashion Manifesto?

CP :
Sinta (085743058882)

0 komentar:

Posting Komentar